Unsur-unsur Lingkaran

Pada artikel ini akan dibahas tentang titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, apotema, dan juring. Sebelum kalian belajar materi ini pastikan kalian sudah memahami hal-hal terkait bidang datar.

Titik pusat lingkaran

Pusat lingkaran adalah titik yang berada tepat di tengah-tengah lingkaran. Jadi jika dari titik pusat menuju garis lingkaran akan menghasilkan jarak yang sama. Pada gambar di atas ditunjukkan oleh titik hitam di tengah dengan nama titiknya adalah O. Jadi titik pusat lingkaran di atas adalah titik O.

Jari-jari lingkaran

Jari-jari lingkaran merupakan jarak antara titik pusat lingkaran menuju garis lingkaran. Jari-jari lingkaran dari manapun ditarik pasti menghasilkan angka yang sama. Pada umumnya jari-jari lingkaran disimbolkan dengan huruf r (r kecil).

Pada gambar di atas satu jari-jari diwakili dengan satu garis saja. Misal garis r yang berwarna biru. Untuk menggambar jari-jari tidak harus mendatar seperti garis biru, kalian bisa juga menggambar garis jari-jari seperti garis merah atau kuning. Ketiga garis tersebut sama-sama merupakan jari-jari lingkaran dan pasti memiliki panjang yang sama.

Diameter lingkaran

Diameter lingkaran adalah jarak antara 2 titik pada lingkaran yang melalui titik pusatnya. Atau bahasa sederhananya gabungan 2 jari-jari yang membentuk ruas garis lurus pada lingkaran. Diameter pada umumnya disimbolkan dengan huruf d (d kecil). Sehingga panjang diameter sama dengan dua kali jari-jari. Jika ditulis dengan simbol menjadi:

d = 2 x r

Juring

Juring adalah daerah yang dibatasi oleh dua buah jari-jari. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini.

Pada gambar di atas daerah yang disebut juring adalah daerah yang ditunjukkan dengan warna abu-abu. Kalian juga bisa menggambar juring dengan ukuran yang lebih besar, misal seperti gambar di bawah ini.

Tali busur lingkaran

Tali busur adalah jarak 2 titik pada lingkaran yang tidak melalui titik pusat lingkaran. Bahasa sederhananya, jika kalian mengambil 2 titik pada lingkaran kemudian kalian hubungkan, asal tidak melalui pusat lingkaran maka garis tersebut disebut tali busur.

Untuk lebih jelasnya perhatikan garis-garis tali busur di bawah ini.

Tali busur biasanya dilambangkan dengan dua huruf capital. Pada contoh gambar di atas gambar tali busur ditunjukkan garis berwarna hijau dan nama tali busurnya AB.

Kalian bisa menarik garis tali busur lainnya seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Busur lingkaran

Busur lingkaran adalah garis lengkung yang menghubungkan dua titik pada lingkaran. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini.

Pada gambar di atas busur lingkaran ditunjukkan dengan warna orange. Busur lingkaran ditulis dengan huruf capital dan diberi garis lengkung di atasnya. Perhatikan cara penulisannya pada gambar di atas.
Hal ini dilakukan untuk membedakan antara tali busur dan busur lingkaran yang posisinya sama persis, hanya beda di jalur. Yang satunya lurus yakni tali busur dan yang satunya melengkung yakni busur.

Tembereng

Tembereng adalah luasan (daerah) yang dibatasi oleh busur dan tali busur lingkaran. Perhatikan gambar di bawah ini:

Pada gambar di atas tembereng ditunjukkan dengan daerah yang berwarna kuning. Kalian bisa menggambar tembereng-tembereng lain dengan posisi yang berbeda dari gambar di atas. Misal seperti gambar di bawah ini.

Apotema

Apotema adalah garis yang ditarik tegak lurus dari titik pusat menuju tali busur. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini:

Pada gambar lingkaran di atas garis apotema ditunjukkan oleh garis OC.

Kesimpulan

Setelah kalian mempelajari satu persatu unsur-unsur lingkaran mulai dari titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, apotema, dan juring. Jika digabungkan semua unsur-unsur tersebut akan membentu gambar seperti di bawah ini:

Masih ingatkah kalian dengan unsur-unsur yang sudah kalian pelajari sebelumnya. Kalo sudah paham tentu kalian bisa menyebutkan satu per satu dari unsur-unsur lingkaran pada gambar di atas. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Webmaster tool activated by Webmaster Tools Plugin from LionScripts.com.